Rabu, 26 Oktober 2011

PENTINGNYA BAHASA ARAB DALAM ISLAM

Bahasa arab merupakan bahasa yang mendapat kehormatan menjadi bahasa yang digunakan oleh Allah dalam menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab suci al qur’an dan umat pertama yang mengemban risalah pengembangan islam menggunakan bahasa arab. dan sampai saat ini posisi bahasa arab tidak tergantikan dn memang tidak boleh digantikan. Ada beberapa ibadah yang mesti dilakukan dengan menggunakan bahasa arab, seperti sholat misalnya. Tidaklah sah sholat seseorang jika menggunakan bahasa selain bahasa arab. al qur’an pun tetap digunakan dalam bahasa arab, kalaupun ada terjemahannya, itu harus tetap ada bagian bahasa arabnya. Dan untuk sumber-sumber pengetahuan dalam agama islam itu sebagian besar ada dalam kitab-kitab berbahasa arab. Imam Asy-Syafi’i mengatakan, Manusia menjadi buta agama, bodoh dan selalu berselisih paham lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep Aristoteles. (Siyaru A’lamin Nubala, 10/74.)
Bahasa Arab berbeda dengan bahasa-bahasa lain yang menjadi alat komunikasi di kalangan umat manusia. Ragam keunggulan bahasa Arab begitu banyak. Idealnya, umat Islam mencurahkan perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinya untuk diri mereka sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut.

Keistimewaan Bahasa Arab
1. Bahasa Arab adalah bahasa Al Quran. Allah ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menjadikan Al-Quran dalam bahasa Arab, supaya kalian memahaminya.” (QS. Az Zukhruf: 3)
2. Bahasa Arab adalah bahasa Nabi Muhammad dan bahasa verbal para sahabat. Hadits-hadits Nabi yang sampai kepada kita dengan berbahasa Arab. Demikian juga kitab-kitab fikih, tertulis dengan bahasa ini. Oleh karena itu, penguasaan bahasa Arab menjadi pintu gerbang dalam memahaminya.
3. Susunan kata bahasa Arab tidak banyak. Kebanyakan terdiri atas susunan tiga huruf saja. Ini akan mempermudah pemahaman dan pengucapannya.
4. Indahnya kosakata Arab. Orang yang mencermati ungkapan dan kalimat dalam bahasa Arab, ia akan merasakan sebuah ungkapan yang indah dan gamblang, tersusun dengan kata-kata yang ringkas dan padat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar